Australia memang sangat terkenal bagi wisatawan Indonesia sebagai destinasi yang sangat layak dikunjungi, apalagi bagi DBers yang belum pernah menginjakkan kaki ke negeri yang terkenal karena populasi kangurunya lebih banyak dari manusia itu sendiri. Ya, bagaimana tidak. Karena rasa semangat besar untuk liburan ke Australia justru membuat kita lupa untuk mempersiapkan hal-hal penting yang diperlukan sebelum berkunjung kesana. Padahal, persiapan liburan yang baik adalah syarat utama agar pengalaman liburan tetap seru dan  lancar loh DBers.

Untuk membuat pengalaman liburan DBers menjadi nyaman dan lancar, ada beberapa tips perencanaan liburan ke Australia bagi DBers sebagai pemula yang wajib tahu ya. Beberapa tips berikut ini sangat cocok bagi DBers yang belum tahu aturan dan budaya disana. Simak terus agar perjalanan DBers ke Australia menjadi pengalaman yang tidak pernah terlupakan!

  1. Pahami visa dan mengurusnya lebih awal

Pada bagian visa, Australia sendiri terkenal dengan kebijakan visa yang sangat ketat untuk turis yang ingin menginjakkan kaki disana, khususnya bagi turis asal Indonesia seperti DBers. DBers diharuskan mengurus visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, minimal dua bulan sebelum berangkat.

Visa yang digunakan biasanya Visitor Visa Subclass 600 murni untuk turis dengan tujuan jalan-jalan saja. Proses pengajuan visa bisa beberapa minggu dan DBers jangan sampai dekat dengan jadwal keberangkatan. Hal lain yang harus dipersiapkan adalah paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal keberangkatan, tiket pulang dan bukti keuangan. Biasanya ini melalui slip rekening koran bank selama 3 bulan terakhir. Dengan ini proses pengajuan visa menjadi lebih lancar dan mengurangi resiko penolakan visa.

  1. Menyusun rencana perjalanan sesuai musim

Australia termasuk negara yang sangat luas di dunia dan ini mempengaruhi iklim disana loh DBers. Suhu wilayah bagian utara negara bisa sangat hangat sepanjang tahun, sebaliknya suhu di bagian wilayah selatan seperti kota Melbourne bisa sangat dingin. Australia juga punya empat musim yang berbeda sama halnya seperti negara-negara eropa. Hanya saja terjadi di bulan yang berbeda. Jika di eropa musim dingin terjadi di akhir hinggal awal tahun maka di Australia musim dingin terjadi di pertengahan tahun. Jadi penting sekali menyesuaikan itinerary DBers dengan cuaca disana. ketika musim panas, cocok sekali untuk berjalan menyusuri garis pantai, sedangkan ketika musim dingin sangat menarik untuk bermain ski di pegunungan.

  1. Kenali transportasi umum dan cara pembayarannya

Sebagai negara yang maju, Australia memiliki sistem transportasi umum yang sangat efisien seperti bus, kereta dan tram yang membuat DBers bisa berkeliling kemana saja didalam kota. Transportasi umum di Australia punya aturan yang berbeda-beda di setiap kotanya. Misalnya, di Sydney menggunakan Opal Card dan Melbourne pakai Myki. Kartu transportasi ini digunakan untuk naik bus, kereta dan tram, jadi sangat penting ketika berkeliling dalam kota. Namun, jika DBers ingin mengunjungi wilayah di luar kota atau tempat wisata tertentu di daerah luar kota, pilihan untuk menyewa mobil bisa menjadi pilihan yang terbaik.

  1. Siapkan kartu Sim atau paket internet lokal

Poin ini juga menjadi sangat penting, agar DBers tetap bisa terkoneksi dan memudahkan navigasi dan memastikan DBers bisa mengakses internet selama di Australia. Agar lebih hemat, pilihan untuk membeli kartu SIM lokal sangat disarankan daripada menggunakan roaming internasional. Kebutuhan internet selain untuk berkomunikasi, juga sangat penting untuk cek transportasi, navigasi google maps, atau booking tiket yang dilakukan secara online. Jadi, sebelum berangkat pastikan DBers sudah mencari tahu dan riset untuk pilih paket internet yang tepat. Dengan internet yang stabil akan membuat perjalanan DBers menjadi nyaman dan praktis.

  1. Siapkan uang tunai dan pembayaran elektronik

Dalam hal pembayaran Australia sudah sangat modern, dan kartu kredit atau debit seringkali bisa digunakan dan diterima di semua tempat. Namun, tidak ada salahnya jika DBers menyiapkan uang tunai untuk memudahkan pembayaran kecil seperti membeli makanan dari pasar atau di beberapa tempat wisata yang terpencil dan jauh dari titik kawasan turis.

  1. Membawa barang penting sesuai aturan imigrasi

Australia sangat ketat dalam hal barang bawaan turis ke negaranya, terutama produk yang berupa makanan, obat dan barang berbahan kayu. Pastikan sebelum mengemas barang bawaan DBers, periksa lagi barang yang dilarang atau harus dilaporkan. Jangan sampai DBers membawa barang yang dilarang dan akhirnya didenda hanya karena lupa untuk melapor.

Barang bawaan penting yang harus dibawa DBers seperti adaptor listrik I dan pakaian sesuai musim disana. Pastikan lagi dokumen, seperti visa, paspor dan itinerary sudah siap menyertai liburan DBers. Persiapan dokumen ini akan membuat perjalanan DBers lebih tenang sejak berangkat.

Siap untuk menjelajahi Australia? Jangan lupakan beberapa tips yang sudah disampaikan diatas ya. Selamat menikmati pengalaman liburan ke Australia yang tak terlupakan dan jangan lupa untuk selalu abadikan momen seru disana ya, DBers!

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required